CERDAS INSPIRATIF TERPERCAYA
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Anggapan Tuhan yang Maha Algojo

By MH Ainun N

Saya sering mengalami forum-forum yang sebenarnya forum agama, majelis taqlim, pengajian-pengajian, tapi munculan pertanyaan-pertanyaan yang datang dari para hadirin itu mencerminkan anggapan umum bahwa Tuhan itu algojo. Tuhan itu pokoknya ngancam saja. Di LP Cipinang di salah satu meeting dengan teman-teman disana ada salah seorang yang maju ke depan. Yang badannya dari ujung kepala penuh dengan tato dan ia cemas sekali apakah sah sembahyangnya? Kemudian di pengajian-pengajian bertanya apakah kalau kukunya sudah terlanjur diwarnai satu saat dan tidak sempat menghapus, apakah itu sah atau tidak sholatnya? Jadi masalah-masalah kecil yang sebenarnya sederhana dalam fikih, ditanyakan.

Bukan fikihnya yang penting yang ingin diceritakan tetapi pandangan seolah-olah Tuhan itu begitu udil, begitu usil, begitu ngudik, begitu pelik untuk mengukur hamba-hambanya. Seolah-olah kesalahan sedikit saja kita di hokum oleh Tuhan. Jadi Tuhan itu maha algojo. Saya ingin mengatakan kepada anda, kadang-kadang para mubaliq, para uztad, para ulama kadang-kadang lupa untuk memperhatikan bahwa mereka seringkali mengantarkan Tuhan kepada jamaahnya di dalam posisi yang nanti secara akumulatif menjadi posisi algojo seperti itu. Sehingga dimensi-dimensi lain yang penuh kasih sayang, dimensi yang penuh kemurahan, keluasan, menjadi tidak muncul. Saya ingin mengatakan kepada anda semua dan diri saya sendiri.

Memang Tuhan maha penghukum seperti dimana kita juga harus menghukum yang bersalah. Tetapi percayalah Tuhan bukan maha algojo. Icon utama Tuhan adalah pecinta, rohman dan rohim.

Selesai
(pernah disiarkan di Delta FM)

0 comments:

Post a Comment

Powered By Blogger