CERDAS INSPIRATIF TERPERCAYA
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Memposisikan Tuhan Sebagai Hantu

.
Pendengar sekalian, ada posisi lain dimana Tuhan seolah-olah adalah hantu. Cara berpikir kita itu menangkap seperti itu. Hantu itu adalah sesuatu yang tidak ada identifikasinya, tidak ada ketentuan-ketentuannya. Begitu juga pandangan kita pada Tuhan. Begitu juga banyak tidak ada pembelajaran di antara kita mengenai Tuhan. Minimal berdasarkan informasi Tuhan sendiri atas dirinya pada kita semua. Kemudian yang terhasilkan dimasyarakat adalah bias-bias. Ketika ketidak-tahuan berkepanjangan mengenai indikasi-indikasi Tuhan.

Sehingga selalu Tuhan berposisi seperti hantu. Jadi kita tidak tahu persis. Kita berdebat, kita marah, kita kecewa pada Tuhan. Bertengkar dengan teman-teman tentang kehendaknya dan lain sebagainya. Karena sesungguhnya pembelajaran mengenai Tuhan hampir tidak ada. Sehingga Tuhan berposisi benar-benar, tergantung kepada terbatasnya pandangan manusia tentang Tuhan.

Sehingga Tuhan sendiri tidak pernah hadir, maka Tuhan seperti hantu. Sehingga ada penyair tahun 70an menulis puisi sederhana, cuman urutan suku kata Hantu..Tuhan…Hantu…Tuhan. Jadi bisa dibaca Tuhan dan bisa dibaca Hantu. Jadi pilihan kita sebenarnya sederhana. Kita buang saja Tuhan sama sekali daripada merepotkan atau kita mencoba mendekatinya, mencoba mengapresiasinya, untuk mencoba mempelajarinya sampai batas dimana kita diijinkan kemampuan kita untuk mempelajarinya. – By MH AINUN NAJIB (DISIARKAN DI DELTA FM BANDUNG)

0 comments:

Post a Comment

Powered By Blogger