CERDAS INSPIRATIF TERPERCAYA
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Tuhan Tidak Perlu Dibela



Ada juga kita jumpai kecenderungan dalam masyarakat dimana Tuhan diperlakukan seperti anak kecil. Iya, anak kecil itu, pertama lemah, kedua harus dilindungi terus, mesti dijaga terus, dibela terus, itu sebagaimana induk ayam melindungi anaknya itu, siap mati dalam pertempuran. Jadi kalau sudah melindungi anak kecil, itu kita lebih daripada melindungi negara. Kalau anak kita diapa-apakan kita langsung siap mati.

Bayangannya sudah darah dan pedang saja. Dan ada juga satu kelompok masyarakat kita sendiri yang memperlakukan Tuhan seperti anak kecil yang harus dibela-bela, seolah-olah Tuhan ini begitu lemahnya, sehingga sedikit saja disinggung perasaannya, kita marahnya luar biasa. Seolah-olah Tuhan ini terpengaruh. Ada orang menghina, Tuhan terpengaruh. Kalau ada orang tidak mengakui Tuhan, terus Tuhan nangis. Kalau ada orang yang tidak melakukan perintah-perintah Tuhan, terus Tuhan marah, seolah-olah begitu.

Saya tidak mengatakan bahwa kita jangan membela Tuhan, tidak. Tapi saya ingin mengajak kita menemukan proporsi, sesungguhnya secara obyektif tidak ada gunanya anda membela Tuhan. Secara obyektif, kalaupun anda membela Tuhan. Sesungguh yang dibela bukanlah Tuhan melainkan diri sendiri. Yaitu posisi anda dihadapan Tuhan. Kalau anda merasa membela Tuhan berarti anda lebih kuat dari Tuhan. Kita tidak membela Tuhan. Kita membela keselamatan hidup kita dihadapan Allah, sehingga pembelaan kita itu tidak secara obyektif untuk melindungi Tuhan.

Tetapi melindungi diri kita sendiri, sebab kalau sampai Tuhan melihat bahwa kalau kita tidak punya rasa sengsara dan rasa sedih terhadap perilaku yang menyakiti hatinya Tuhan. Maka Tuhan juga jengkel sama kita. Sehingga yang kita bela sesungguhnya adalah diri kita sendiri, bukan Tuhan. Karena Tuhan tidak perlu dibela. Tuhan Maha Besar, Tuhan Maha Gagah Perkasa, Tuhan Maha Kuasa, Tuhan Maha segala macam, sehingga marilah kita bela diri kita sendiri, agar Tuhan tidak marah kepada kita.- MH AINUN NADJIB (DISIARKAN DI DELTA FM BANDUNG)

0 comments:

Post a Comment

Powered By Blogger